269 Inovator Digital Daftar Untuk Dukung UMKM Go Digital

Sobat Pajak | 2022-02-11 10:47:00 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Setelah sukses terselenggara di tahun 2020, acara Pahlawan Digital UMKM kembali digelar tahun ini di bawah program kerjasama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) dengan staf khusus oleh Presiden Putri Tanjung. Acara ini bertujuan untuk menemukan inovator digital yang berkomitmen untuk membantu anggota UMKM maju dan lebih berdaya melalui berbagai solusi dan inovasi digital.

Sesaat setelah pendaftaran ditutup, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki dan Putri Tanjung mengumumkan 20 besar peserta acara MSME Digital Hero Kick Off 2022 dengan topik “Merayakan ransformasi Digital UMKM di Indonesia".

Sejak pendaftaran dibuka pada 29 Agustus 2022, tidak kurang dari 269 inovator digital juga telah mendaftar untuk menjadi pahlawan digital UMKM pada 2022. Kandidatnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Jabodetabek hingga daerah lain, dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Dari total jumlah inovator digital yang terdaftar, lebih dari 60% berasal dari luar wilayah Jabodetabek.

Dalam acara tersebut, Acara ini juga bertujuan mencari generasi muda yang bisa meningkatkan dan mengembangkan teknologi Hal ini bertujuan untuk mendorong UMKM bergerak ke dalam kelas dengan go digital.

Menteri Teten mengatakan setidaknya 20,24 juta UMKM telah go digital pada Agustus 2022, meningkat 12,24 juta sejak awal pandemi, atau 31,1% dari total populasi UMKM, yaitu 67,4% target 30 juta UMKM terintegrasi ke dalam ekosistem digital oleh 2024. KemenKopUKM melalui acara Digital Hero-nya ingin melindungi UMKM termasuk industri. Bagaimana pemerintah merumuskan kebijakan agar para penggiat digital ini tidak hanya bermanfaat bagi perekonomian, tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat khususnya UMKM.

MenKopUKM mengatakan, bahwa digitalisasi tidak hanya pasar, tetapi juga social commerce, game commerce, TV commerce, dan tempat-tempat lain yang tidak banyak diatur oleh pemerintah.

Kemudian, Asisten Wirausaha Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Siti Azizah menyampaikan tiga poin penting yang menjadi latar belakang pentingnya penyelenggaraan UMKM Digital Hero 2022.

Presidential Special Officer dan MSME Digital Hero Initiator Putri Tanjung mengapresiasi banyak inovator digital yang telah mendaftar untuk membantu pelaku UMKM memasuki dunia digital. Hal ini membuktikan bahwa banyak inovator digital tertarik untuk mendorong pertumbuhan transformasi digital UMKM di Indonesia.

Putri juga mengapresiasi para inovator digital yang telah melakukan berbagai inovasi untuk membantu para pelaku UMKM.

Setelah peluncuran Digital Hero MSME 2022, 20 peserta teratas akan mengikuti workshop selama kurang lebih satu bulan. Nantinya dalam workshop ini, peserta akan mendapatkan materi penguatan teknis startup digital dari para ahli dan menyesuaikan program dengan program digitalisasi KemenKopUKM. Selain itu, mereka akan melanjutkan ke sesi terakhir MSME Digital Hero 2022 pada 10 November 2022.

20 peserta teratas yang akan maju ke babak final adalah Mindo, Smeshub, Starchain, Panak.id, Modern farm, Surplus, Ciptani, Djoin, Warjali, Crustea, Dagangan, Onstock, Sandangs, Beliayam.com, Aturkuliner, Iam.id, Manganfoods, Mastani, eFishmart, dan Tumbasin.

Article is not found
Article is not found