Tarif pajak final UMKM turun jadi 0,5 %

By | 06/07/2018

tarif pajak final turun jadi 0,5%Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi meluncurkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu sebagai pengganti atas Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013.

Peredaran usaha yang dimaksud adalah jumlah dari seluruh penerimaan atau penghasilan secara bruto dari kegiatan usaha, setelah dikurangi dengan retur dan pengurangan penjualan serta potongan tunai dalam tahun pajak yang bersangkutan bagi perusahaan dagang maupun industri.

Pokok perubahan dalam peraturan terbaru tersebut pengaturannya adalah sebagai berikut:

  • Penurunan tarif PPh Final dari 1% menjadi 0,5% dari omzet, yang wajib dibayarkan setiap bulannya;

  • – Mengatur jangka waktu pengenaan tarif PPh Final 0,5% adalah sebagai berikut :- Untuk wajib pajak Orang Pribadi yaitu selama 7 tahun;- Untuk wajib pajak Badan berbentuk Koperasi, Persekutuan Komanditer atau Firma selama 4 tahun;- Untuk wajib pajak Badan berbentuk Perseroaan Terbatas selama 3 tahun

Kapan penerapan Peraturan Pemerintah (PP) No 23 Tahun 2018

Penerapan PPh UMKM 0,5% akan dimulai Agustus 2018 untuk peredaran usaha yang berlangsung di Juli. Sedangkan untuk peredaran usaha Juni yang dibayar di Juli masih berlaku tarif 1%.

Demikian semoga bermanfaat

Bee Risols kini hadir di Gofood & Grabfood

Aneka Risols produk Bee Risols Semarang

Aneka Risols produk Bee Risols Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *