Lupa atau EFIN Hilang, ini Solusinya

By | 03/05/2018

Lupa atau EFIN Hilang, ini SolusinyaGak perlu panik bila Anda lupa EFIN. Di beberapa postingan yang lalu telah saya jelaskan apa itu EFIN atau Electronic Filing Identification Number (EFIN), EFIN wajib dimiliki oleh setiap Wajib Pajak untuk melakukan pelaporan pajak online melalui aplikasi pajak resmi yang telah disahkan DJP. EFIN sendiri berfungsi sebagai salah satu bentuk autentikasi agar setiap transaksi pajak online bisa terenkripsi sehingga terjamin keamanannya.

EFIN harus segera diaktivasi atau didaftarkan pada aplikasi pajak yang Anda gunakan, begitu Anda mendapatkannya. Bila lebih dari 30 hari tidak diaktivasi, maka Anda harus mengajukan permintaan EFIN kembali. Berikut ini, beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Anda lupa EFIN menghubungi layanan informasi DJP berikut ini:

a. KPP (Kantor Pelayanan Pajak)

Datangi KPP terdekat di wilayah Anda (tidak harus KPP tempat Anda terdaftar).Bawa Kartu Identitas diri, seperti kartu identitas (KTP) dan NPWP Anda kemudian mengisi formulir EFIN yang tersedia untuk memudahkan petugas pajak menemukan EFIN Anda kembali. Proses mendapatkan EFIN ini biasanya relatif cepat.

b. Chat Pajak di situs resmi pajak.go.id

Kunjungi laman situs pajak.go.id. Pada halaman sebelah kanan bawah website akan muncul logo “Chat Pajak”. Anda hanya perlu menekan logo tersebut, kemudian pilih layanan ” Lupa EFIN, Billing, Kode Verifikasi” lalu isi Nama, Alamat Email anda, petugas resmi pajak akan melayani Anda melalui fitur chat tersebut. Beritahukan kepada petugas bahwa Anda lupa EFIN untuk melapor SPT Online. Petugas pajak akan membimbing Anda untuk mendapatkan kembali EFIN Anda. Pastikan juga Anda sudah siap dengan informasi identitas pribadi dan NPWP Anda.

c. Akun Twitter @kring_pajak

Layanan pemberian informasi kedua yang dapat Anda tuju bila lupa EFIN pajak adalah melalui akun Twitter resmi Kring Pajak di @kring_pajak. Anda hanya perlu mention atau kirim direct message pada user name akun tersebut. Selanjutnya, akun Kring Pajak akan menghubungi Anda melalui fitur Direct Message (DM) pada Twitter agar kerahasiaan dan keamanan data pajak Anda tetap terjaga. Ikuti instruksi yang diberikan admin akun Kring Pajak melalui DM dan Anda akan mendapatkan kembali EFIN Anda.

d. Call Center Kring Pajak

Khusus untuk Wajib Pajak Orang Pribadi, Anda masih bisa mendapatkan kembali EFIN Anda dengan menghubungi call center Kring Pajak di nomor 1500200. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi data diri dan menyebutkan nomor NPWP. Jika data diri yang disebutkan sesuai dengan data yang tersimpan di DJP, maka petugas pajak akan memberikan EFIN Anda.

Tak hanya untuk EFIN, layanan pemberian informasi tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi kode verifikasi penyampaian SPT bagi Wajib Pajak yang mengalami kendala dalam pengiriman kode verifikasi melalui email.

Anda akan segera mendapatkan kembali menerima EFIN apabila telah melakukan konfirmasi beberapa data atau dokumen berikut:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Nama lengkap
  • Alamat terdaftar pada saat registrasi EFIN
  • Alamat email atau nomor telepon seluler terdaftar pada saat registrasi EFIN
  • Tahun pajak SPT terakhir (misalnya, SPT terakhir yang dilaporkan adalah SPT tahun pajak 2016, tetapi disampaikan pada Maret 2017, maka jawabannya adalah 2016)

Wajib pajak harus memberikan data tersebut kepada petugas Kring Pajak. Apabila data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP, maka Wajib pajak akan menerima email dari informasi@pajak.go.id yang berisi informasi EFIN dalam file dengan format PDF. File ini terproteksi dengan kata sandi yang tercantum dalam email sama.

Demikian semoga bermanfaat

Bee Risols kini hadir di Gofood & Grabfood

Aneka Risols produk Bee Risols Semarang

Aneka Risols produk Bee Risols Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *