Instalasi Sertifikat Elektronik dari DJP

By | 31/07/2017

Untuk menggunakan aplikasi Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Secara Elektronik Online atau e-Nofa Online, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  1. User merupakan Wajib Pajak (WP) yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan telah memiliki Akun PKP,
  2.  Akun PKP merupakan otorisasi khusus yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada PKP tertentu yang memenuhi persyaratan tertentu, otorisasi diberikan dalam bentuk Kode Aktivasi yang dikirimkan melalui Jasa Pengiriman ke alamat PKP terdaftar dan Password yang dikirimkan melalui email.
  3. Untuk bisa mengakses menu Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak secara Online User harus memiliki Sertifikat Elektronik yang telah disetujui oleh DJP.

Setelah memiliki Sertifikat Elektronik langkah selanjutnya install sertifikat tersebut ke komputer anda, tahapan ini cukup dilakukan satu kali saja. Berikut ini adalah tahapannya

Download Sertifikat Elektronik.
Kunjungi https://efaktur.pajak.go.id/login,

isi username dengan NPWP anda, Password isi dengan password pada saat melakukan pendaftaran di DJP

Instalasi Sertifikat Elektronik
Setelah login pilih menu download sertifikat digital langsung saja download dan simpan ke komputer anda, sertifikat elektronik berbentuk file dengan nama file npwp15digitWajibPajak.p12,

Jalankan file tersebut dengan mengklik dua kali sehingga akan muncul form sebagai berikut:

Klik tombol next, ketika tampil form sebagai berikut, masukkan passphrase yang telah Anda isikan pada saat permintaan Sertifikat Digital sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa, kolom password diinput dengan  kata sandi passphrase dan bukan password Akun PKP Anda. Passprahse adalah kata kunci yang mengikat terhadap private key dan hanya Anda yang tahu, apabila kata sandi passphrase tersebut lupa atau hilang, maka Anda harus mengajukan permohonan pencabutan Sertifikat Elektronik di KPP terdaftar.

Instalasi sertifikat sukses, silakan Tutup Browser Anda, langkah penginstalan belum selesai anda harus setting sertifikat elektronik di browser anda, sementara sampai di sini untuk penginstalan awal dan Buka kembali untuk proses Instalasi Sertifikat Digital ke Alat Peramban ( Browser )

Panduan Lengkap Instalasi E-Faktur

  • Instalasi Sertifikat Digital ke Sistem Operasi
  • Instalasi Sertifikat Digital ke Alat Peramban (browser) seperti Mozilla Firefox, Internet Explore dan Google Chrome
  • Pendaftaran Cabang PKP pada Akun PKP
  • Reset Registrasi Aplikasi e-Faktur

Download manualnya disini

Semoga bermanfaat.

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 26 other subscribers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *