Gagal menyimpan SSP di Efaktur karena SSP tidak valid

By | 01/03/2019

Sobat pajak pernahkah anda mengalami kendala pada saat input SSP di efaktur? dan muncul notifikasi “ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found” ? seperti pada gambar berikut :

jika anda mengalami hal tersebut diatas tidak perlu risau apalagi sampai panik toh uang yang sudah disetor sudah masuk ke bank dan kita sudah mendapatkan bukti validasi, mengapa bisa demikian ?

  • Kemungkinan pihak Kantor pajak pusat belum melakukan rekonsiliasi atas SSP yang telah kita setor ( informasi dari AR saya setelah saya tanyakan ), rekonsiliasi atas SSP bisa cepat dan kadang lambat tergantung server kantor pajak pusat tunggu saja dulu beberapa jam.
  • Koneksi internet yang tidak stabil alias lambat saat kita input SSP
  • Kesalahan input no NTPN, ini yang umum terjadi karena tiap bank berbeda jenis font pada penulisanya misalnya penulisan pada huruf “O”  dangan angka nol (0),  penulisan huruf “S” dangan angka lima (5) dan seterusnya, sebaiknya diteliti perhurufnya

Terus bagaimana solusi mengatasi kesalahan input NTPN / bagaimana cara cek no . NTPN yang benar ? berikut langkah – langkahnya [the_ad id=”142″]

    • Kunjungi situs sse.pajak.go.id  pilih sistem ebilling lama versi 1 seperti pada gambar berikut

  • Login menggunakan NPWP, kode PIN dan kode captcha seperti yang kita lakukan pada waktu membuat SSP

  • Setelah bisa login kemudian pilih “konfirmasi NPTN”  pada menu “View Data” selanjutnya pilih filter berdasarkan “KODE BILLING” masukkan nomor kode billing SSP yang telah anda bayarkan seperti pada gambar berikut :

  • Jika NTPN sudah muncul seperti gambar diatas, copy paste kode tersebut ke e-faktur.

  • Apabila dengan cara diatas masih belum berhasil silahkan hubungi AR saudara dan tanyakan no NTPN yang benar

Demikian solusi untuk mengatasi masalah jika muncul notifikasi “ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found” pada saat input SSP semoga bermanfaat.

Related Articles

Bee Risols kini hadir di Gofood & Grabfood

Kuliner khas semarang aneka risols produk Bee Risols Semarang kini bisa pesan di gofood dan grabfood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *